Home » » Jemput-Jemput: Makanan dengan nama Aneh dari Belitung

Jemput-Jemput: Makanan dengan nama Aneh dari Belitung


Postingan blog saya berikut ini adalah tentang sesuatu yang ringan-ringan manis saja yaitu makanan atau gorengan dengan nama Jemput-Jemput: Makanan dengan nama Aneh dari Belitung

Semua orang pada umumnya paling suka jajanan berikut ini dan tentu sangat populer serta sangat di sukai khususnya orang Belitung.

memang nama makanan atau gorengan ini agak aneh dan bisa bikin salah tafsir apalagi bila di pelesetkan seperti jemb*t    
bentuk pada umumnya jemput-jemput ini   tidak beraturan, pembuatannya sangat sederhana, mudah di buat dan mengenyangkan cocok buat sarapan, sore-sore, disaat santai, saat cuaca dingin (bila di goreng) masih hangat serta cocok bila di temeni dengan secangkir teh atau minuman hangat lainnya
bahan utama pembuatan jemput-jemput ini yaitu pisang,nangka, cempedak.sedangkan bahan lainnya yaitu tepung terigu, garam, gula.cara pembuatannya yaitu pisang, nangka atau cempedak di hancurkan hingga lembut kemudian campurkan dengan terigu air, gula secukupnya serta garam sedikit bila dikehendaki. semua bahan di aduk rata sampai kental setelah diaduk sampai kental kemudian di ambil sejemput atau satu sendok makan ataupun di ambil dengan tangan dengan takaran terserah anda kemudian di goreng dalam minyak goreng hangat hingga berbentuk kecoklatan dan siap untuk dihidangkan. bagaimana mudah bukan !!!!!
disini kita pasti bertanya kenapa nama panganan atau jajanan atau kue atau jajak (dalam bahasa belitong) di sebut jemput-jemput. Kata jemput atau di tambah awalan se- menjadi kata sejemput atau mengambil secara sedikit-sedikit atau mengambil secuil atau ukuran kecil bisa dengan sendok makan atau bisa juga dengan tangan.
Pangan atau kue jajanan jemput-jemput ini di daerah lain ada banyak kesamaan seperti LIMPING. Bahan yg sm, sdkt variasi, beda cara memasak. Beda filosofi ataupun nama yang lain seperti MATA KERBAU, atau maaf P*LER KAMBING. Apapun nama yang di berikannya yang pasti banyak yang suka serta di gemari, mudah serta banyak yang di jadikan usaha jajajan kue.
Notes : postingan ini sedikit atau banyak di ambil atau di copy dari http://belitungpojok.com 



Share this article :

2 komentar:

  1. Thanks, sudah mampir ke blog dmr417, . Mengenai tukeran link, link agan ini dengan title "PESONA INDONESIA". Sudah saya pasang di side bar left blog saya. Terima kasih.
    TInggal menunggu di blog PESONA-nya, thanks.

    ReplyDelete
  2. makasih juga buat mas aditya perdana yang sudah mengunjungi blog saya dan menempatkan link blog saya di blognya mas..mengenai tukaran link saya juga sudah menempatkan link nya mas di rekan blogging..terima kasih dan semoga tambah maju dan sukses aamiiiiiiiin

    ReplyDelete



 
Copyright © 2013. Kampoeng Pelangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger