Home » » Maras Taun adat barik orang Belitong

Maras Taun adat barik orang Belitong

pemotongan ketan raksasaMaras Taon adalah suatu adat istiadat masyarakat belitong pada saat musim panen padi. Maras taon diadakan sebagai tanda masyarakat belitung bersyukur atas panen padi yang baru di ketam dan biasanya di hadiri seluruh lapisan masyarkat serta pejabat daerah penting seperti Gubernur, Bupati serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Di dalam acara Maras Taon juga di adakan berbagai macam kesenian-kesenian adat seperti Lesong Panjang, Beripat Beregong, campak dan lain-lain sebagai yang turut meramaikan acara maras taon tersebut.
Adapun salah satu Maras Taon yang saya posting kan di blog ini adalah salah satu acara Maras Taon yang di adakan di desa Tanjung Rusa Kecamatan Membalong dan Kebetulan pada saat itu juga di hadiri Gubernur Bangka Belitung. Kebetulan juga pada saat itu saya mendapatkan kesempatan untuk mengambil Video acara maras taon tersebut, selain itu juga pada saat itu  juga banyak media lokal atau nasional serta turis juga berdatangan untuk mendokumentasikan momen acara Maras Taon ini.

berikut ini salah satu video acara maras taon tersebut


Adat Maras TaunAdapun rangkaian acara maras taon ini di mulai dengan kata sambutan baik dari Bapak Gubernur Kep.Bangka Belitung, Kata Sambutan Bapak Bupati, Kata Sambutan Camat Membalong setelah itu di lanjutkan ke acara inti yaitu acara adat maras taon yang di pimpin dukun kampong setelah acara do'a serta acara adat itu yang di pimpin oleh dukun kampong di lanjutkan lagi dengan pemotongan Lepat Gede (besar),Lepat Gede (besar) itu terbuat dari penganan yang di buat dari beras ketan yang di bungkus dengan daun lais dan di rebus sampai masak. selain lepat gede juga ada lepat dengan ukuran kecil dalam Pemotongan Lepat Gede langsung di pimpin oleh Gubernur Kep.Bangka Belitong dan Bupati Belitong dan hasil Potongan di bagikan ke pada pengunjung dalam pembagian lepat gede ini masyarakat atau pengunjung dengan riuh dan senang gembira berebut untuk di mintai lepat tersebut. setelah rangkaian pemotongan lepat itu di lanjutkan acara makan siang oleh seluruh hadirin undangan serta seluruh masyarakat atau istilahnya makan Berage bersama disini saya juga berkesempatan mencicipi lepat gede serta nasi beras merah hasil dari panen masyarakat sekitar dan ternyata enak sekali nasinya harum serta segar.

Ketan acara adat maras taon
Rangkaian acara Maras Taon pada saat itu di tutup oleh Bapak Gubernur dengan melihat serta mendatangi stand-stand masing-masing desa.Masing-masing stand itu memperlihatkan hasil-hasil alam serta pangan-pangan tradisional serta produk unggulan lainnya.

Demikianlah Postingan saya ini saya buat dan semoga menambah wawasan serta ilmu pengetahuan mengenai budaya dari Belitong. semoga dengan postingan ini kita akan lebih mencintai budaya kita budaya nasional yang sangat berharga..saran serta komentar saya tunggu dan atas perhatian saya ucapkan Terima kasih 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Copyright © 2013. Kampoeng Pelangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger