Home » , » Tipak Atau Keminangan Sirih

Tipak Atau Keminangan Sirih

Tipak atau Kemingan Sirih
Assalamualaikum... Berikut ini saya akan menuliskan artikel menarik lagi yaitu tentang adat pernikahan Belitung yaitu Tipak atau Keminangan. Tipak adalah wadah atau tempat keminangan untuk bersirih dalam rangka pengantar atau izin sebelum memulai acara inti dari utusan rombongan pengantin laki kepada utusan pengantin perempuan.







Adat Tipak atau Kemingan Sirih
Menurut Orang Tua kami di Belitung Tipak itu memiliki arti atau makna yaitu T  buat Tanda, I buat Ikatan, P buat Persaudaraan, A buat Antar, K buat Keluarga, jadi secara harfiah TIPAK diartikan Tanda Ikatan Persaudaraan Antar Keluarga.

Adalagi menurut orang tua di Belitung makna yang lain yang terdapat di dalam Tipak  itu sendiri di dalam Tipak itu terdiri dari 5 macam jenis bahan-bahan buat bersirih seperti  Daun Sirih, Tembakau, Pinang, Kapur, Cengkih diartikan sebagai Rukun Islam Seperti Syhadat, Shlat Puasa, Zakat, Haji artinya lagi Didalam mengarungi Kehidupan Bekeluarga hendaknya kedua pengantin menjalankan rukun Islam sebaik-baiknya sehingga terbentuk lah kehidupan keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah.  Berikut di bawah ini videonya :


Tipak adalah wadah atau tempat keminangan untuk bersirih dalam rangka pengantar atau izin sebelum memulai acara inti dari utusan rombongan pengantin laki kepada utusan pengantin perempuan dan Memiliki arti Tanda Ikatan Persaudaraan Antar Keluarga
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Copyright © 2013. Kampoeng Pelangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger