Home » » Senjetopan mainan tradisional perang-perangan dari Bambu

Senjetopan mainan tradisional perang-perangan dari Bambu


Senjetopan permainan tradisionalAdakah di antara kita yang masih teringat permainan perang-perangan anak-anak di kala kita dulu masih anak dan sampai sekarang pun masih banyak dan sering di mainkan. Permainan perang-perang yang di mainkan lumayan seru dan juga termasuk relatif aman dan mudah di buat. Permainan perang-perangan ini banyak macam jenis namanya serta bahannya seperti yang akan saya saya postingkan kali ini yaitu namanya senjetopan, senjetopan ini terbuat dari bambu kecil yang terdiri dari dua bagian satu bagian buat pelurunya satunya gagang buat mendorong peluruya. Menurut yang saya tahu dari info yang saya dapat nama senjetopan di beberapa daerah namanya berbeda-beda  seperti di palembang namaya Celetupan, Senjetopan ini sendiri nama yang 
biasa di sebut di daerah belitung dan begitu juga di daerah lain mungkin namanya berbeda-beda.
Mengenai peluru dari permainan Senjetopan ini biasanya dari buah tanaman bonsai, buah terung puka (red:terung kecil-kecil) atau peluru dari kertas yang di basahi dengan air. Masalah mengenai jangkauan atau range nya lumayan jauh dan hendaknya juga mesti hati-hati kalau terkena mata walaupun sebenarnya permainan ini relatif aman.

Permainan anak-anak dari bambuSelain senjetopan dari bambu ini permainan perang-perang yang lain yang tidak kalah seru yaitu Terototan yang terbuat dari pisang, Pestol-pestolan dari kayu dan lain-lain. Dikala musim Liburan sekolah ini permainan ini sangat seru di mainkan terutama di mainkan secara beregu atau berkelompok serta tidak kalah seru jika di bandingkan permainan modern seperti sekarang ini seperti air soft gun selain murah juga mudah di buat.
Dunia anak dunia yang sangat seru dan penuh imajinasi dan hendak lah permainan tradisional ini masih tetap kita lestarikan bersama dan jangan sampai tergerus oleh zaman dan permainan modern yang berkembang pesat seperti sekarang ini di samping murah dan mudah dibuat permainan anak-anak tradisional ini banyak manfaatnya di samping belajar kekompak an tetapi juga mengajarkan anak-anak bersosialisasi.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Copyright © 2013. Kampoeng Pelangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger